Selasa, 09 Juni 2009

PAN dan PAP

PAN DAN PAP
• PAP = Penilaian Acuan Patokan

• PAN = Penilaian Acuan Norma (kelompok)

Ciri PAP
• Penafsiran skor dari alat pengukuran yang dapat menghasilkan deskripsi tentang kemampuan atau pengetahuan yang dimiliki oleh peserta didik
• Syarat PAP
• Adanya seperangkat kemampuan yang telah didefinisikan secara rinci
• Adanya seperangkat butir tes yang disusun berdasarkan kemampuan yang telah didefinisikan tersebut
• Adanya rentangan skor yang penafsirannya dapat dikaitkan dengan tingkat pencapaian kemampuan itu
• Contoh : UTS, UAS, UNAS
Ciri PAN
• Penafsiran skor peserta didik lalu membandingkannya dengan skor yang diperoleh peserta lain dlm satu kelompok dengan maksud untuk mengatakan apakah kemampuannya sama, lebih tinggi atau lebih rendah?
• Norma bisa berupa norma kelas, norma kelompok, norma lokal, norma nasional, norma internasional dll.
• Digunakannya skor ubahan
Syarat PAN
• Kelompok yang dijadikan acuan cukup mewakili populasi yang ingin dicakup
• Kelompok tersebut sesuai untuk dijadikan kelompok acuan
• Skor tes kelompok yang dijadikan acuan tersebut tidak kadaluarsa
• Contoh : SPMB

Mengubah skor :

SKOR / SKOR MAX X RENTANGAN


• Contoh : dipapan tulis

Perbedaan TAN dan TAP
• TAN lebih mencakup ranah kemampuan yang luas, TAP lebih sempit
• TAN lebih banyak dipakai untuk evaluasi secara umum, TAP untuk evaluasi kemampuan tertentu
• TAN mempersyaratkan adanya kelompok, TAP tidak mempersyaratkan


INI HASIL KARYA USTADZ BAIHAQI MA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar